Tepat di tanggal 10 November, masyarakat Indonesia memperingati Hari Pahlawan. Peringatan hari pahlawan ini dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur kita atas kemerdekaan Indonesia dan mengenang jasa para pahlawan yang telah mengorbankan nyawanya untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah.  Kita merasa beruntung karena hidup dimasa yang damai dan menikmati hasil jerih payah dari para pahlawan yang telah berhasil melepaskan Indonesia dari tangan penjajahan.

Dalam rangka peringatan hari pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November, pada umumnya masyarakat Indonesia memperingatinya dengan melakukan Upacara Bendera, melakukan ziarah ke makam para pahlawan dan juga ikut membersihkan makam.

Namun yang dapat digarisbawahi adalah dalam memperingati hari pahlawan ini tidak hanya sebatas sebagai seremonial. Yaitu hanya sebatas ikut memperingati, namun tidak sampai memaknai. Terkadang kita merasa terpaksa dalam mengikuti kegiatan upacara kemerdekaan. Bahkan terdapat punishment jika kita tidak ikut serta dalam kegiatan upacara memperingati hari pahlawan.

Mahasiswa STIE-STMIK Lamappapoleonro tergerak untuk mengikuti upacara peringatan hari pahlawan Nasional yang dilaksanakan di halaman kantor bupati soppeng. sebagai landasan pikiran mahasiswa adalah kaum intelektual mudah sebagai generasi bangsa patut dan pantas mengenang jasa para pahlawan yang gugur di medan perang untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan negara kesatuan republik indonesia. hanya bangsa yg menghargai jasa para pahlawannya dapat menjdi bangsa yg besar.

Maka dalam memperingati hari pahlawan perlu pemaknaan nilai moral yang dapat diambil dari aksi heroik para pahlawan kita dalam mempertahankan kemerdekaan kepada masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda yang dapat mencontoh nilai dan moral dari para pahlawan seperti Keberanian, Tanggung Jawab, Rela Berkorban, dan Jiwa Kepemimpinan dalam menghadap tantangan ke depan.